PERAN MEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Asih Indartiwi, Julia Wulandari, Tenti Novela

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan peran media interaktif dalam pembelajaran di era revolusi industry 4.0  Metode yang digunakan dalam tulisan ini adalah metode deskriptif analisis. Kajian yang dipaparkan pada tulisan ini didasarkan pada analisis literatur yang relevan.Media interaktif  memiliki peran yang sangat penting dalam pembelajaran karena dapat membantu guru dalam memudahkan penyampaian materi pembelajaran dan menghasil pembelajaran yang aktif dan menyenangkan.Oleh karena itu pada era Revolusi In-dustri 4.0 mau tidak mau guru harus memiliki kompetensi yang kuat, memiliki softskill khusunya penguasaan teknologi informasi . Peran guru sebagai pendidik adalah memudahkan penyampaian informasi kepada peserta didik dan menjadikan proses belajar lebih aktif dan menyenangkan. Media interaktif dengan berbasis penggunaan teknologi akan sangat mendukung proses pembelajaran karena teknologi merupakan suatu pendekatan menurut sudut pandang perangkat keras yang bertujuan untuk media pelaksanaan proses pendidikan melalui pendayagunaan alat-alat pengajaran seperti mesin pengajaran, laboratorium bahasa, pengajaran berprogram, closed circuit television, film, slides, simulator, overhead, video tape recorder dan sebagainya .Guru dikatakan professional apabila memenuhi beberapa kompetensi salah satu diantaranya dari aspek keterampilan yaitu menguasai teknologi dan informasi.


Keywords


Peran media Interaktif, pembelajaran, era revolusi 4.0

Full Text:

PDF

References


AECT. (1977). The difinition of Educatonal Technology. Washington: Association for Educational Communication and technologi.

Djamarah, S. B. & A. Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Effendy, U. O. (2012). Ilmu komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta: LP3ES.

Haroldsen, B. &. (2003). Taksonomi Konsep Komunikasi. Surabaya: Papyrus.

Jessika Michaela Mintorogo, Ahmad Adib, A. W. S. (2014). Perancangan Media Interaktif Pengenalan Alphabet Berbasis Alat Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal DKV Adi Warna, 13.

L, G. (2012). Assesing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin A Sage Comany.

Latuheru, J. D. (1988). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar-Mengajar Masa Kini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Purwandini & Irwansyah. (2018). Komunikasi Korporasi pada Era Industri 4.0.Jurnal Ilmu Sosial, 17(1).

Rivai, N. S. & A. (1989). Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru.

Rohani, A. (1997). Media Intruksional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Singgih, S. (2012). Panduan Lengkap SPSS Versi 20. Jakarta: Elex Media Komputindo

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama.

Suharsimi, A. (2008). Penelitian tindakan kelas. jakarta: bumi aksara.


Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 362 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.