PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINATDALAM BERWIRAUSAHA SALON MELALUI EFIKASI DIRI

Aisya Zhafarina Khansa, Nurina Ayuningtyas, Aam Amaningsih Jumhur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikanpengaruh pengetahuan kewirausahaan terhadap minat mahasiswa tata rias dalam berwirausaha salon melalui efikasi diri di Universitas Negeri Jakarta.Minat seseorang adalah proses dari pemikiran dan pembelajaran yang menimbulkan suatu keinginan untuk menjalankan suatu kegiatan tertentu. Jadi untuk terciptanya sebuah minat dalam diri seseorang untuk melakukan kegiatan tertentu maka orang tersebut harus memiliki pengetahuan tentang kegiatan tersebut dengan melalui proses pemikiran, emosi serta pembelajaran.Berdasarkan beberapa hasil tinjauan kepustakaan diketahui bahwa Semakin baik pengetahuan kewirausahaan akan semakin tinggi minat berwirausaha mahasiswa tata rias, demikian pula sebaliknya semakin rendah pendidikan kewirausahaan akan semakin rendah minat berwirausaha mahasiswa tata rias.Semakin tinggi efikasi diri, maka semakin tinggi pula minat berwirausaha mahasiswa.Kecenderungan peningkatan kombinasi efikasi diri dan pengetahuan kewirausahaanakan diikuti peningkatan minat berwirausaha, sebaliknya kecenderungan penurunan kombinasi variabel efikasi diri dan pengetahuan kewirausahaanakan diikuti penurunan akan minat berwirausaha.


Keywords


Pengetahuan Kewirausahaan, Minat Mahasiswa, Tata Rias, Berwirausaha, Salon, Efikasi Diri

Full Text:

PDF

References


Apiyani, Helina. (2017). Kontribusi Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa. Bogor: BSI

Betty, Anggraeni & Harnanik. (2015). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Kabupaten Pemalang.Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Dahlan, Intan Agustini. (2017). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Efikasi Diri Yang Berimplikasi Pada Minat Berwirausaha Peserta Didik SMK Multi Vocational Platform Ars Internasional Bandung. Skripsi. Universitas Pasundan.

Hansemark, Ova. C. (1998). The Effects of an Entrepreneurship Programme on Need for Achievement and Locus of Control of Reinforcement. International Journal of Entrepreneural Behavior & Research. 4(1). 32.

Novianti, Rizki. (2014). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Efikasi Diri Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rustika, I Made. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Vidyatmoko, Dyan &Rosadi, A Husni Yasin. (2015). Faktor Utama Kesuksesan Wirausaha di Industri Pangan. Bandung: BPPT.

Widiyatnoto, Erfikas. 2013. Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Budaya Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMKN 1 Wonosari dan SMKN 2 Wonosari di Kabupaten Gunungkidul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 93 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.