PENDIDIKAN DAN PENDAMPINGAN REMAJA MELALUI POLA ASUH DEMOKRATIS UNTUK MENCEGAH KECANDUAN GADGET MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0
Abstract
Tujuan penelitiani ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi pola asuh demokratis dengan kecanduan gadget pada remaja awal. Populasi dalam penelitian ini remaja awal kelas VIII SMP X di Kabupaten Sleman Tahun Ajaran
2019/2020 dengan jumlah sampel sebanyak 128 siswa. Adapun hipotesis penelitiannya yaitu ada hubungan negatif antara persepsi pola asuh demokratis dengan kecanduan gadget pada remaja awal. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan negatif dan signifikan antara persepsi pola asuh demokratis dengan kecanduan gadget pada remaja awal, dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,193 dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p<0,01). Artinya ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi pola asuh demokratis dengan kecanduan gadget pada remaja awal. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif yang signifikan antara persepsi pola asuh demokratis dengan kecanduan gadget pada remaja awal. Semakin tinggi persepsi pola asuh demokratis remaja maka kecanduan
gadget cenderung semakin rendah. Sebaliknya semakin rendah persepsi pola asuh demokratis remaja maka kecanduang gadget cenderung semakin tinggi.
References
Abedini, Y., Zamani, B., Kheradmand, A., & Rajabiz, G. (2012). Impacts of mothers’ occupation status and parenting styles on levels of self-control, addiction to computer games, and educational progress of adolescents. European Psychiatry, 4, 102–110. https://doi.org/10.1016/s0924-9338(15)30399-0.
Arifin, Z. (2015). Perilaku remaja pengguna gagdet; Analisis teori sosiologi pendidikan. Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(2), 287–316. https://doi.org/10.33367/tribakti.v26i2.219.
Azwar , S. (2016). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2017). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Desiningrum, D. R., Indriana, Y., & Siswati. (2017). Intensi penggunaan gadget dan kecerdasan emosional pada remaja awal. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (1), 65–71. Kominfo. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF mengenai perilaku anak dan remaja dalam menggunakan internet. . Retrieved from https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3834/Siaran+Pers+No.+17-PIH-KOMINFO-2-2014+tentang+Riset+Kominfo+dan+UNICEF+Mengenai+
Perilaku+Anak+dan+Remaja+Dalam+Menggunakan+Internet+/0/siaran_pers.
Marpaung, J. (2018). Pengaruh penggunaan gagdet dalam kehidupan. Jurnal KOPASTA, 5(2), 55-64.
Moazedian, A., Taqavi, S. A., Hosseinialmadani, S., Mohammadyfar, M. A., & Sabetimani, M. (2014). Parenting style and internet addiction. J. Life Sci. Biomed. Journal Homepage: J. Life Sci. Biomed, 4(41), 9–14.
Retrieved from http://jlsb.science-line.com/.
Nevid, J. (2017). Psikologi konsepsi dan aplikasi. Bandung: Nusa Media.
Nugraheni, D. (2017). Pola asuh orangtua pada remaja yang kecanduan bermain game online. Diunduh dari httpe:prints.umm.ac.id/438421/jiptumm.
Rahmat, S. T. (2018). Pola asuh yang efektif untuk mendidik anak di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161.
Rusmini. (2016). Gadget dan prestasi belajar pada usia 13-15 tahun di SMP Cahaya di Jl. Bulak Banteng Lor No. 68 Surabaya. Jurnal Ners Lentera, 4(1), 74–81.
Santrock, J. W. (2012). Perkembangan masa hidup. Jakarta: Erlangga.
Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2018). Tingkat kecanduan internet pada remaja awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 45. https://doi.org/10.29210/02018190.
Soetjiningsih, C. H. (2018). Perkembangan anak sejak pembuahan sampai kanak-kanak akhir. Depok: Pranadamedia Group.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif kualitatif R&B. . Bandung: Alfabeta.
Tridhonanto, A. (2014). Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kelompok.
Upton, P. (2012). Psikologi perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Wijanarko, J., & Setiawati, E. (2016). Ayah ibu baik parenting era digital pengaruh gadget pada perilaku dan kemampuan anak. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.
Young, K. S., & Abreu, C. N. (2017). Kecanduan internet. panduan konseling dan petunjuk untuk evaluasi dan penanganannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.