HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSI DENGAN KECEMASAN ATLET BOLAVOLI STKIP PGRI PACITAN PADA TURNAMEN IRASCO CUP 2020

Danang Endarto Putro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan pada atlet bolavoli STKIP PGRI Pacitan dalam menghadapi pertandingan bolavoli IRASCO CUP 2020.

Desain penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh atlet bolavoli STKIP PGRI Pacitan yang mengikuti pertandingan bolavoli IRASCO CUP 2020. Pengambilan data dilakukan sebelum masa pandemic Coovid-19 di Indonesia. Pengambilan data menggunakan kuisioner berupa angket yang digunakan untuk tes kecerdasan emosi dan kecemasan. Teknik analisis data menggunakan regresi korelasi.

Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosi dengan kecemasan para atlet bolavoli STKIP PGRI Pacitan sebelum menghadapi pertandingan bolavoli IRASCO CUP 2020. Hal tersebut dibuktikan melalui uji hipotesis dengan hasil besarnya hubungan tersebut adalah 0,458. Uji hipotesis dengan uji-t mendapatkan nilai t = 2,724 > t tabel = 2,05 pada dk(0,025)(28), menunjukkan hubungan antara kedua variabel berarti. Adapun sumbangan yang diberikan kecerdasan emosi terhadap kecemasan atlet bolavoli STKIP PGRI PACITAN sebelum menghadapi pertandingan IRASCO CUP 2020 adalah sebesar 20,9% yang diperoleh dari koefisien determinasi sebesar 0,209.

 

 


Keywords


Kecerdasan, Emosi, Kecemasan, Atlet, Bolavoli, IRASCO CUP

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26486/jsh.v1i2.1229

Article Metrics

Abstract view : 47 times
PDF - 95 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Danang Endarto Putro