Pengaruh Stres Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Operator PDDIKTI Di LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta

Authors

  • Widarta Widarta Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i2.928

Keywords:

Kata Kunci, stres kerja, lingkungan kerja, kinerja karyawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan bukti empiris dalam memperoleh jawaban atas pengaruh secara bersama-sama dan parsial stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan operator PDDIKTI di LLDIKTI wilayah V Yogyakarta. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode survey. Adapun sumber data yang digunakan adalah data primer menggunakan instrumen quesioner dan data sekunder menggunakan dokumentasi dan studi pustaka yang dibukukan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 karyawan operator PDDIKTI di PTS LLDIKTI wilayah V Yogyakarta. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan bantuan software SPSS 21 for Window. Sehingga diperoleh, variabel stres kerja dan lingkungan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan operator PDDIKTI LLDIKTI Wilayah V Yogyakarta dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,435. Dimana sebesar 43,5% stres kerja dan lingkungan kerja memberikan dampak terhadap kinerja karyawan operator PDDIKTI LLDIKTI wilayah V Yogyakarta.

References

Ahyani, 1994, Lingkungan kerja dalam perusahaan, Penerbit Citra, Jakarta

Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azazah Indriyani, 2013, Pengaruh Konflik Peran Ganda dan Stres Kerja Terhadap kinerja Perawat Wanita Rumah Sakit. Tesis Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Davis, K., & Werther, W.,B., Jr., 1996, Human Resoutces and personnel Management. Singapore: McGraw-Hill book, Co.

Dewi S.K.P. (2014). Pengaruh Pelatihan Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Koperasi Mahasiswa (KOPMA) di Kabupaten Sleman, Tesis, Program Magister Manajemen Universitas Janabadra Yogyakarta.

Dwi Septianto, 2010, Pengaruh Lingkungan Kerja dan Stres Kerja terhadap Kinerja Karyawan PT Pataya Raya Semarang. Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, 2009, Model Persamaan Struktural konsep Aplikasi dengan Program AMOS 16.0, Undip Semarang.

Hasan, Iqbal, 2005, Pokok-pokok Materi statistik, Edisi kedua, Bhumi Aksara, Jakarta.

Kementrian Riset, 2015, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Koordinator Perguruan Tinggi Swasta Wilayah V Yogyakarta, Profil PTS di Lingkungan Kopertis V Yogyakarta, Kopertis V Yogyakarta.

Mangkunegara, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Refika Aditama, Bandung.

Mangkunegara, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nuryadi, N., & Rahmawati, P. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53-62.

Nuryadi, S. P., Astut, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian.

Peraturan Pemerintah Nomor 4 tahun 2014, tentang Penyelengaraan Perguruan Tinggi.

Rahmila Sari, Mahlia Mu’is, Nurdjanah Hamid, 2013, Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi dan Stress Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Makassar, 2011, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Riani, Febri. (2013). “Pengaruh Pengetahuan Audit, Akuntabilitas dan Independensi Terhadap Kualitas Hasil Kerja Auditorâ€. Skripsi Tidak Dipublikasikan Fakultas Enonomi Universitas Negeri Padang.

Sedamayanti, 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas, CV. Mandar Maju, Bandung.

Siti Nurhendar. 2007. Pengaruh Stres Kerja dan Semangat Kerja terhadap Kinerja Pegawai Bagian Produksi Pada CV. Aneka Ilmu Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Volume 7.

SK 034 BAN PT DIKTI, 2002, Tentang Pelaporan Semesteran Program Studi.

Sugiyono, 2010, Statistika untuk Penelitian, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Surat Edaran DIKTI Nomor 0543/E.1.2/PL/2015, tentang Feeder DIKTI.

Titi Laras, 2012, Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Survey Pada Industry Kretif di Kota Bandung), Disertasi, Universitas Padjajaran, Bandung.

Titi Mulyanti Kadarisman, 2007, Pengaruh Stress dan Lingkungan Kerja Terhadap Prestasi Kerja Karyawan pada PT. Tunas Asri Keramik Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Manajemen Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Pendidikan Tinggi.

Yatna Nayaputera, 2011, Analisis Pengaruh Kepuasan Kerja dan Stres Kerja terhadap Intensi Turnover Custemet Servis Employee di PT Plaza Indonesia Realty TBK., Tesis., Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia

Downloads

Issue

Section

Articles