ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA KUALITAS LAYANAN UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Raswan Udjang, Subarjo Subarjo

Abstract


Perguruan tinggi sebagai sektor strategis diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan mampu bersaing dalam dunia kerja baik dalam maupun luar negeri. Keadaan persaingan yang kompetitif antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan harus memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu serta unggul dalam persaingan tersebut. Strategi yang digunakan untuk tetap eksis adalah bukan hanya sekedar brand yang kuat tapi bagaimana jasa / pelayanan dikemas sedemikian rupa sehingga memberikan kepuasan kepada mahasiswa. Keunggulan yang dimiliki oleh UMBY antara lain adalah dosen yang berkompeten dibidangnya, lokasi kampus yang nyaman, fasilitas proses belajar mengajar yang lengkap, adanya beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Manajemen UMBY yang menempuh kuliah di  Kampus 1. Pemilihan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100. Metode pengolahan data yang digunakan untuk mengolah hasil kuesioner yaitu dengan metode analisis deskriptif karena penelitian ini bersifat ekploratif. Hasil kesimpulan ini menemukan bahwa mahasiswa sudah mempunyai kepuasan yang tinggi pada Program Studi Manajemen UMBY. Pada aspek kepuasan yang terdiri dari Aspek Tangibles, Aspek Reliability, Aspek Responsiveness, Aspek Assurance, Aspek Empathy, memiliki kepuasan yang tinggi, kecuali pada aspek Information System mahasiswa memiliki tingkat kepuasan yang cukup.


Keywords


Kepuasan, Kualitas Layanan, Kampus

Full Text:

PDF

References


Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 1996.Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta : Prenhalindo.

Gusti, I,. 2008. Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar di Program Diploma III FE UNUD, Buletin Studi Ekonomi, Vol. 13 No. 1 Th 2008.

Kotler, Philip., 1997, ManajemenPemasaran :Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Ed. 9, Jilid 1, PT Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2003. Marketing Management. 9th Edition. New Jersey : Pearson Education.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2006. Marketing Management. 12th Edition. New Jersey: Pearson Education.

Muafi dan Yuni S,. 2007. Anteseden Ekuitas Merk Perguruan Tinggi: SEM Pendekatan Two Step. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia. No. 03. Th XXXVI.

Rangkuti, F,. 2003. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasuk PLN-JO.Jakarta:Gramedia.

Tjiptono,F. 2002.Strategi Pemasaran, Edisi.2, Cet.2, Yogyakarta:Andi Offset.

Tjiptono. F. 2002. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset

Zeithaml V & Bitner M,.1996. Services Marketing, McGraw Hill International Editions




DOI: https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i1%20Februari.675

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Raswan Udjang, Subarjo Subarjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis

Indexing by