Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Kualitas Layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i1.675Keywords:
Kepuasan, Kualitas Layanan, KampusAbstract
Perguruan tinggi sebagai sektor strategis diharapkan mampu menghasilkan sumber daya manusia yang bermutu dan mampu bersaing dalam dunia kerja baik dalam maupun luar negeri. Keadaan persaingan yang kompetitif antar perguruan tinggi menuntut lembaga pendidikan harus memperhatikan mutu pendidikan dan kelembagaan sehingga mampu serta unggul dalam persaingan tersebut. Strategi yang digunakan untuk tetap eksis adalah bukan hanya sekedar brand yang kuat tapi bagaimana jasa / pelayanan dikemas sedemikian rupa sehingga memberikan kepuasan kepada mahasiswa. Keunggulan yang dimiliki oleh UMBY antara lain adalah dosen yang berkompeten dibidangnya, lokasi kampus yang nyaman, fasilitas proses belajar mengajar yang lengkap, adanya beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas layanan Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Manajemen UMBY yang menempuh kuliah di Kampus 1. Pemilihan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100. Metode pengolahan data yang digunakan untuk mengolah hasil kuesioner yaitu dengan metode analisis deskriptif karena penelitian ini bersifat ekploratif. Hasil kesimpulan ini menemukan bahwa mahasiswa sudah mempunyai kepuasan yang tinggi pada Program Studi Manajemen UMBY. Pada aspek kepuasan yang terdiri dari Aspek Tangibles, Aspek Reliability, Aspek Responsiveness, Aspek Assurance, Aspek Empathy, memiliki kepuasan yang tinggi, kecuali pada aspek Information System mahasiswa memiliki tingkat kepuasan yang cukup.
References
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. 1996.Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1. Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta : Prenhalindo.
Gusti, I,. 2008. Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Proses Belajar Mengajar di Program Diploma III FE UNUD, Buletin Studi Ekonomi, Vol. 13 No. 1 Th 2008.
Kotler, Philip., 1997, ManajemenPemasaran :Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Ed. 9, Jilid 1, PT Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2003. Marketing Management. 9th Edition. New Jersey : Pearson Education.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2006. Marketing Management. 12th Edition. New Jersey: Pearson Education.
Muafi dan Yuni S,. 2007. Anteseden Ekuitas Merk Perguruan Tinggi: SEM Pendekatan Two Step. Jurnal Manajemen Usahawan Indonesia. No. 03. Th XXXVI.
Rangkuti, F,. 2003. Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasuk PLN-JO.Jakarta:Gramedia.
Tjiptono,F. 2002.Strategi Pemasaran, Edisi.2, Cet.2, Yogyakarta:Andi Offset.
Tjiptono. F. 2002. Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Offset
Zeithaml V & Bitner M,.1996. Services Marketing, McGraw Hill International Editions
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).