Analisis Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Bale Rasa Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v7i2.657Keywords:
kualitas pelayanan, store layout, interior display, kepuasan pelangganAbstract
Penelitian ini adalah mengenai analisis peningkatan kepuasan pelanggan Restoran Bale Rasa di Ponorogo. Tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah yang pertama untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, kedua untuk mengetahui pengaruh interior display terhadap kepuasan pelanggan dan yang ketiga untuk mengetahui pengaruh store layout terhadap kepuasan pelanggan. Obyek dari penelitian ini adalah pelanggan restoran Bale Rasa di Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan survei. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Resto Bale Rasa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 pelanggan yang dipilih menggunakan metode random sampling. Metode pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini secara parsial menemukan bahwa variabel kualitas pelayanan dan store layout berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan Resto Bale Rasa sedangkan variabel interior display ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kepuasan pelanggan Resto Bale Rasa.References
Adreani, k., & Yapola. (2013). Pengaruh Store layout, Interior display, Human Variable Terhadap Customer Shopping Orientation Di Restoran Dewandaru Surabaya. JMK, 1411-1438.
Apriyani, & Sunarti. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(2).
Ariyanti, N., Rengu, S. P., & Hermintatik. (2015). Peran Desain Interior terhadap Kepuasan pemustaka. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 1868-1873.
Cravens, D. W. (2010). Strategic Marketing 10th. Edition. New York:: McGraw-Hill International Edition.
Erviana, O. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap. Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUD Dr. Soewondo Kendal. semarang: Universitas Negeri semarang.
Kotler, P. d. (2013). Marketing Management. 14th Edition. New Jersey: Pearson Education. Inc.
Kuntari, K., & Hidayat. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Adminitrasi Bisnis (JAB), 36(1).
Lewis, R. C., & Booms, B. H. (1983). The Marketing Apsect of Service Quality in Emerging Perspectives on Services Marketing. L Berry: American Marketing.
Lupiyoadi, R. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Salemba Empat.
McCarthy. (2010). Pemasaran. Dasar Edisi 16 Pendekatan Manajerial Global Buku 2. Jakarta: PT. Salemba Empat.
Ramenusa, O. (2013). Kualitas Layanan Dan Kepuasan Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. DGS MANADO. Jurnal EMBA, 1193-1202.
Rondonuwu, P. D. (2013). Kualitas Produk, Harga dan Kualitas Layanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Mobil Nissan March pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, 718-728.
Santika, D., Suharyono, & Fanani, D. (2017). Pengaruh Store Atmosphere Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan (Survei pada pelanggan Cafe OTW Food Street Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1).
Santoso, A. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian. Ekulibrium: jurnal ilmiah bidang ilmu ekonomi, 43-55.
Sari, N. M., & Wardhana, A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere terhadap kepuasan konsumen pada Roemah Kopi bandung. Eproceedings of Management (hal. 3947). Jakarta: Telkom University.
Stanton. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran Manajemen. Yogyakarta: Danang Sunyoto Publisher.
Tendean, A., & Widodo, A. (2015). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen (studi Pada Maja House Sugar & Cream Bandung). e-proceedings of management. e-proceedings of management.
Tjiptono, F. (2011). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Zaithaml, & Bitner. (2003). Service Marketing (3 rd ed.). New York: McGraw Hill.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).