Model Motivasi Peningkatkan Kinerja Karyawan
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v2i1.460Keywords:
Komitmen, Tanggung Jawab, Kemampuan Kerja, Motivasi dan Kinerja Karyawan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Penguatan Model Motivasi Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Perusahaan pada CV. Laras Catering Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian pramusaji dan produksi di wilayah kerja CV. Laras Catering Yogyakarta yang berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode seluruh populasi (total sampling) yaitu seluruh karyawan bagian pramusaji dan produksi di wilayah kerja CV. Laras Catering Yogyakarta yang berjumlah 35 orang. Pengujian Hipotesis dengan menggunakan metode analisis deskriptif, metode analisis statistik yang terdiri dari analisis regresi linear berganda model 1 dan model 2, pengujian signifikan simultan (Uji F) model 1 dan model 2, pengujian parsial (Uji t) model 1 dan model 2 serta pengujian koefisien determinasi (R2) model 1 dan model 2.
Hasil penelitian pada pengujian secara parsial (Uji t) model 1 menujukkan bahwa variabel komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Karyawan pada pekerja pada CV. Laras Catering Yogyakarta sedangkan Uji t model 2 menunjukkan bahwa motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada pekerja pada CV. Laras Catering Yogyakarta. Pada pengujan secara serempak (Uji F) model 1 diketahui bahwa Komitmen, Tanggung Jawab dan Kemampun Kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Karyawan pada CV. Laras Catering Yogyakarta dan Uji F model 2 diketahui bahwa Motivasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan pada CV. Laras Catering Yogyakarta. Melalui pengujian koefisien determinasi (Adjusted R Square) diperoleh nilai model 1 sebesar 0,664, berarti 64,4% faktor-faktor Motivasi Karyawan pada CV. Laras Catering Yogyakarta dapat dijelaskan oleh variabel Komitmen, Tanggung Jawab dan Kemampun Kerja sedangkan sisanya 33,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Sedangkan koefisien determinasi (Adjusted R Square) model 2 diperoleh nilai sebesar 0,772, berarti 77,2% faktor Kinerja Karyawan pada CV. Laras Catering Yogyakarta dapat dijelaskan oleh variabel Motivasi sedangkan sisanya 22,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
References
Anwar Prabu Mangkunegara. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Penerbit Refika Aditama.
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.
Bagong, Suyanto dan Sutinah. 2005. Metode Penelitian Sosial: Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Dessler, Gary., (1997), Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Prenhallindo, Jakarta.
Dessler, G. (2008). Human Resource Management. 11th Edition, New Jersey: Pearson Education.
Farlen, Frans. (2011). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. United Tractors, Tbk Samarinda. Urusan Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional“Veteran†Yogyakarta.
Ghozali, (2005), Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Gibson, James,L. (2000). Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses. Edisi ke-5. Cetakan ke-3. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Handoko, T Hani. (2001). Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia,Edisi Kedua. BPFE, Yogyakarta.
Hasibuan, M. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT.Bumi Aksara.
Hasibuan, Malayu S.P. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta.
Husein Umar. (2007), Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Mathis, Robert L dan Jackson, John H, (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia, Buku ke dua. Salemba Empat. Jakarta
Panggabean, Mutiara S, (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Miftah Thoha. (2003), Kepemimpinan Dalam Manajemen Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Mulyaningtyas, B.Renita. (2006). Bimbingan dan Konseling SMA 1 untuk Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Mondy, R. Wayne. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Nawawi, Hadari. 2003. Kepemimpinan Mengefektifkan Organisasi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ndraha, Taliziduhu, (1999). Pengantar Teori Pengembangan Sumber daya Manusia, Rineka Cipta, Jakarta.
Prawirosentono, Suyadi. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta : BPFE Rahmatika, Ika. 2014. Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja TerhadapKinerja Karyawan Bank BNI Syriah Cabang Bogor. Konsentrasi Perbankan Syariah Program Studi Muamalat (Ekonomi Islam) Fakultas Syariah Dan Hukum Uin Syarif Hidayatullah.
Robbins, S.P. (2002). Prinsip-Prinsip Perilaku Organisasi. Edisi Kelima (Terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.
Simamora, Henry, (2004), Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama, Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta.
Situmorang, Syafrizal Helmi dan Muslich Lutfi. (2014). Analisis Data, USU Press, Medan.
Sri Wiludjeng S.P, (2007). Pengantar Manajemen, Graha Ilmu: Yogyakarta.
Suhadi, (2006), Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai, Jurnal Administrasi Bisnis Volume 2, Nomor 2.
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.
Sugiyono. (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang, (2009). Analisis Regresi dan Uji Hipotesis, edisi pertama, Media Pressindo, Yogyakarta.
Poerwadarminta WJS. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesi. Jakarta: Balai Pustaka.
Prawirosentono, Suyadi. (1999). Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta : BPFE. Prawirosentono (2008).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).