Mengukur Kinerja Unit Simpan Pinjam Kopari Catra Gemilang Magelang Tahun 2014 Dengan Analisis Balanced Scorecard

Authors

  • Novia Candra Permatasari Fakultas Ekonomi Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rina Dwiarti Prodi Manajemen Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i2.451

Keywords:

pengukuran kinerja, balanced scorecard.

Abstract

Pengukuran kinerja suatu perusahaan pada umumnya didasarkan pada rasio keuangan. Balanced scorecard merupakan suatu alat pengukuran kinerja yang menekankan pada keseimbangan faktor keuangan dan non keuangan yang menyeimbangkan empat perspektif yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, perspektif pembelajaran dan pertumbuhan.

          Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja Unit Simpan Pinjam Koperasi Pariwisata Catra Gemilang Magelang Tahun 2014 jika diukur menggunakan balanced scorecard. Pengukuran kinerja dilakukan dengan menganalisis keempat perspektif balanced scorecard yang dalam penelitian ini, masing-masing perspektif dibatasi pada variabel tertentu.

          Dari hasil analisis data dapat diketahui bahwa pengukuran kinerja Unit Simpan Pinjam Kopari Catra Gemilang pada tahun 2014 dapat dikatakan baik. Hal ini berdasarkan hasil pemberian skor pada tiap variabel dalam keempat perspektif yang dirata-rata dan memperoleh skor sebesar 3,88 hingga termasuk dalam kategori baik.

References

Arikunto, Suharsimi, (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, (2010), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Umar, Husein, (2007), Riset Akuntansi, Dilengkapi Dengan Panduan Membuat Skripsi dan Empat Belas Kasus Bidang Akuntansi. Jakarta: Gramedia

Keputusan Menteri Koperasi dan UKM nomor 96/Kep/M.KUKM/IX/2004 tentang Pedoman Standar Operasional Manajemen Koperasi Simpan Pinjam dan Unit Simpan Pinjam Koperasi.

Kaplan, Robert S., Norton, David P. (Peter S. Yosi Pasla, Penerjemah), (2000), Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Mulyadi, (2009), Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balance Scorecard. Yogyakarta

Mulyadi, (2005). Alternatif Pemacuan Kinerja Personel dengan Pengelolaan Kinerja Terpadu Berbasis Balanced Scorecard. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol.20, No.3.

Tjahjono, Heru Kurnianto, (2006), Budaya Organisasional dan Balanced Scorecard, Dimensi Teori dan Praktek. UPFE-UMY, Yogyakarta.

Chamdan, Nurul Umam Nurwafi, (2010), Penerapan Metode Balanced Scorecard Sebagai Pengukuran Kinerja Pada Lembaga Keuangan Syariah (BMT) Bina Insan Mandiri Gondangrejo. Skripsi Sarjana FKIP UNS.

Arifian, Novika Pujo, (2010), Analisa Laporan Keuangan Pada Koperasi Simpan Pinjam Jasa Cabang Batang Tahun 2007-2009. Tugas Akhir no. 10/TA.Akt.051 UNNES

Tjiptono, Fandy, (2005). Prinsip-prinsip Total Quality Service. Yogyakarta: Andi Wardani, Hari Susanta, Agung Budiatmo, (2012), Analisis Balanced Scorecard Pada Koperasi Karyawan Krama Yudha Ratu Motor Jakarta. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. http://ejournals1.undip.ac.id.

Pratiwi, Umi, (2010), Balanced Scorecard dan Manajemen Strategik. Jurnal Manajemen dan Akuntansi. Vol. 11, No. 2: 166-174.

Wahyuni, Sri, (2011), Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Pada PT. Semen Bosowa Maros. Skripsi Sarjana FE UNHAS

Indranata, I Gst.Ngr.Agung L., Suryanawa, I Ketut, (2013), Pengukuran Kinerja Berbasis Balanced Scorecard Pada Koperasi Serba Usaha Kuta Mimba.

E Jurnal Akuntasi Universitas Udayana 4.3: 459 Zulaikha, (2009), Kemungkinan Balanced Scorecard dalam Mengevaluasi Kinerja Operasi. Skripsi Sarjana di Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sipayung, Friska, (2009), Balanced Scorecard: Pengukuran Kinerja Perusahaan dan Sistem Manajemen Strategis. Jurnal Manajemen Bisnis. Vol. 2, No.1: 7-14.

Wisnubroto, Petrus, Nenny Indrawati, (2008), Analisis Pengukuran Kinerja Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard. Jurnal Teknologi. Vol. I, No.2: 178-190.

Downloads

Published

2016-08-29

Issue

Section

Articles