Pelayanan Jasa Atas Dimensi Empat Kepuasan Konsumen

Authors

  • Lulu Indriaty Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YAPIS MERAUKE

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i1.445

Keywords:

Pemasaran Jasa, Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Tangibles, Reliability, Assurance, Ressponsiveness.

Abstract

Masyarakat semakin sadar akan pentingnya transportasi. Hal tersebut dapat dilihat dari ketatnya persaingan dalam dunia bisnis sepeda motor. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam barang dan jasa, maka tingkat kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap laba perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen pada Bengkel Yamaha Merauke yang dilihat dari 4 dimensi penentu kualitas jasa yaitu dimensi tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), assurance (jaminan), ressponsiveness (daya tanggap).

Uji instrumen pengumpul data di lakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kuesioner valid atau tidak. Dan teknik analisis di lakukan dengan menggunakan mean arithmetic dan diagram kartesius, dengan dengan menjumlahkan semua nilai data pengamatan kemudian dibagi dengan banyaknya data dan kemudian akan di peroleh rata-rata dari rata-rata tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang selanjutnya akan di masukkan ke dalam diagram kartesius untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen.

References

Hurriyati, Ratih, 2005 “ Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen “, Cetakan Pertama, Bandung: Penerbit Alfabet .

Alma, Buchari, 2002 “ Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa â€, Alfabeta, Bandung. 2007 Ko Lovelock, Christhoper H, “ Service Marketing â€, Third Edition, Prentice HallInternational Inc., New Jersey.

Kotler, Phillip, 2007 “ Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control â€, Millenium Edition,. A division of Simon & Scuster, Inc.

Mathis , R.L , dan J.H , Jakson . 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Salemba Empat.

Adrian, Payne, 2000 “ Pemasaran Jasa â€(Terj. Fandy Tjiptono), Andi Offset, Merauke.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT Prenhalindo.

M. Nur Nasution. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rambat Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT salemba Empat.

Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.

Downloads

Published

2016-02-26

Issue

Section

Articles