Pelayanan Jasa Atas Dimensi Empat Kepuasan Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v4i1.445Keywords:
Pemasaran Jasa, Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen, Tangibles, Reliability, Assurance, Ressponsiveness.Abstract
Masyarakat semakin sadar akan pentingnya transportasi. Hal tersebut dapat dilihat dari ketatnya persaingan dalam dunia bisnis sepeda motor. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam barang dan jasa, maka tingkat kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap laba perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan konsumen pada Bengkel Yamaha Merauke yang dilihat dari 4 dimensi penentu kualitas jasa yaitu dimensi tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), assurance (jaminan), ressponsiveness (daya tanggap).
Uji instrumen pengumpul data di lakukan dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk mengetahui kuesioner valid atau tidak. Dan teknik analisis di lakukan dengan menggunakan mean arithmetic dan diagram kartesius, dengan dengan menjumlahkan semua nilai data pengamatan kemudian dibagi dengan banyaknya data dan kemudian akan di peroleh rata-rata dari rata-rata tingkat kepentingan dan tingkat kinerja yang selanjutnya akan di masukkan ke dalam diagram kartesius untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen.References
Hurriyati, Ratih, 2005 “ Bauran Pemasaran Dan Loyalitas Konsumen “, Cetakan Pertama, Bandung: Penerbit Alfabet .
Alma, Buchari, 2002 “ Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa â€, Alfabeta, Bandung. 2007 Ko Lovelock, Christhoper H, “ Service Marketing â€, Third Edition, Prentice HallInternational Inc., New Jersey.
Kotler, Phillip, 2007 “ Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control â€, Millenium Edition,. A division of Simon & Scuster, Inc.
Mathis , R.L , dan J.H , Jakson . 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia . Jakarta: Salemba Empat.
Adrian, Payne, 2000 “ Pemasaran Jasa â€(Terj. Fandy Tjiptono), Andi Offset, Merauke.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT Prenhalindo.
M. Nur Nasution. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia.
Rambat Lupiyoadi. 2004. Manajemen Pemasaran Jasa : Teori dan Pratek. Jakarta: PT salemba Empat.
Kotler, Philip dan A.B Susanto. 2000. Manajemen Pemasaran Jasa Di Indonesia, Analisis Perencanaan, Implementasi dan pengendalian (Edisi pertama). Jakarta: Salemba Empat.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).