Pengaruh tangible dan responsiveness terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor pada layanan SAMSAT keliling Balaraja Kabupaten Tangerang Banten
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i1.419Keywords:
Tangible, Responsiveness, dan Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor.Abstract
Penelitain ini dilatarbelakangi oleh adanya ketidakpuasan yang dirasakan oleh wajib pajak kendaraan bermotor dalam melakukan kewajiban membayar pajak. Sehingga UPT BAPENDA Balaraja kabupaten Tangerang Banten harus mencari cara agar wajib pajak merasa puas dan nyaman dalam melaksanakan kewajiban membayar pajak. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kepuasan wajib pajak adalah dengan menggunakan pelayanan yang berkualitas, pengalaman yang positif dan berkesan sehingga wajib pajak merasa senang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tangible dan responsiveness terhadap kepuasan wajib pajak kendaraan bermotor. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak kendaraan bermotor yang terdaftar di Kantor Bersama Samsat Balaraja dengan berjumlah 700 unit. Dari jumlah tersebut ditentukan sampel dengan menggunakan tehnik Simple Random Sampling maka diperoleh jumlah sample sebanyak 88 responden. Hasil dari penelitian ini adalah Tangible dan Responsiveness secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajin pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling Balaraja. Tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajin pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling Balaraja. Responsiveness berpengaruh signifikan terhadap kepuasan wajin pajak kendaraan bermotor di Samsat Keliling Balaraja.References
Adnyana Ketut. 2016. Tangible, Realibility, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Pada Inovasi Layanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Studi Kasus Pada Samsat Corner Tiara Dewata. Bali: Jurnal Manajemen & Bisnis.Vol.13,No.3.
Batubara, Ginting, Lubis. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Word Of Mouth Mahasiswa Program Studi Diploma III Administrasi Perpajakan FISIP USU. Vol. 14, No. 02. Hal 1693-7619.
Bahrul, E, Halmi. 2015. Pengaruh Sevice Quality dan Brand Experience Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel Atria, Kota Malang). Universitas Brawijaya.
Bursan, Rinaldi., Chanerie, Dhaniel. 2012. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Samsat Bandar Lapung Terhadap Kepuasan Wajib Pajak. Vol. 10, No. 2.
Creswell W. Jhon. 2016. Research Desain Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta. Pustaka Belajar.
Gulla Rendy, dkk. 2015. Analisis Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Manado Grace INN. Jurnal EMBA. Vol. 3, No. 1. Hal. 1313-1322.
Haryanto, Edi. 2013. Kualitas Layanan, Fasilititas dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Kantor Samsat Manado. Manado. Jurnal EMBA. Vol. 1., No. 3.
Manap, Abdul. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Rangkuti Fredi. 2015. Riset Pemasaran. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.
Rusydi dan Fathoni. 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen. Vol. 9,. No.3,. Hal 1693-5241.
Saidani. B,. Arifin, S. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI) Vol 3, No. 1.
Sahib Muhammad. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan KonsumenPada Makasar Air Traffic Service Center MATSC PT (PERSERO) Angaksa Pura 1 Makasar. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Hassanudin.
Sangadji, M.T., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.
Sasongko, Felita, Subagio, Hartono. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Ayam Penyet Ria. Jurnal Manajemen. Vol. 1, No. 2, Hal 1-7.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuatitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Sunyoto, Danang., dan Susanti, E.F. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa.Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service.
Tekol F.M., dan Massie . 2015. Analisis Kualitas Pelayanan Kantor SAR Kelas A Manado Terhadap Kepuasan Masyarakat, Studi Pasca Banjir Bandang di Kecamatan Tikala KotaManado.Manado:JurnalEMBA.Vol.3,No.2. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/8714. Diakses 10 April 2017.
Yunus, Alaan. 2016. Pengaruh Service Quality (Tanggible,Empathy,Realibility, Responsiveness, dan Assurance) Terhadap Customer Satisfaction: Penelitian Pada Hotel Selera Bandung. Jurnal Manajemen. Vol. 15. No. 02.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).