Analisis Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Pemutih Lux Dengan Variabel Minat Beli Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Januar Habibi Mahsyar Universitas Kuningan
  • Wely Hadi Gunawan Universitas Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v12i1.3749

Keywords:

Brand Ambassador, Brand Awareness, Minat Beli, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini meneliti pengaruh brand ambassador dan brand awareness terhadap keputusan pembelian sabun pemutih Lux, dengan minat beli sebagai variabel intervening.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei kepada 180 sampel. Variabel penelitian meliputi brand ambassador, brand awareness, minat beli, dan keputusan pembelian, dengan masing-masing variabel memiliki indikator penelitian yang spesifik. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan analisis model kausalitas dan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) yang dioperasikan melalui program AMOS untuk menguji hipotesis yang diajukan. Proses permodelan SEM melibatkan langkah-langkah seperti pengembangan teori berdasarkan model, pembentukan diagram alur dari hubungan kausal, pengubahan alur diagram ke dalam persamaan struktural, dan penyusunan model pengukuran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand ambassador secara signifikan meningkatkan minat beli dan keputusan pembelian konsumen. Sementara itu, brand awareness berdampak positif terhadap minat beli tetapi tidak selalu menghasilkan keputusan pembelian. Riset ini mengindikasikan bahwa minat beli merupakan mediator kunci antara pengaruh brand awareness dan keputusan pembelian konsumen. Temuan ini memberikan wawasan strategis untuk inisiatif pemasaran, menekankan pentingnya menyelaraskan brand ambassador dengan citra dan karakteristik produk serta memperkuat brand awareness untuk meningkatkan minat dan komitmen pembelian konsumen.

 

References

Alfatiha, R. A., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Du Cafe Semarang). In Jurnal Administrasi Bisnis: Vol. IX.

Amelfdi Jovita, F., & Ardyan, E. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 5(6), 473–483.

Anindita Permadi, T., Ika Kusuma Wardhani, N., Studi Manajemen, P., Ekonomi dan Bisnis, F., Pembangunan Nasional, U., & Timur, J. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Ewom Terhadap Minat Beli Produk Everwhite Di Surabaya. Derivatif : Jurnal Manajemen, 17(2).

Apriany, A., & Gendalasari, G. G. (2022). Pengaruh Kesadaran Merek Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk AMDK SUMMIT. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 10(1). https://doi.org/10.37641/jimkes.v10i1.1278

Apriliya, L., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2016). Pengaruh Word Of Mouth, Kesadaran Merek Dan Kualitas Produkterhadap Keputusan Pembelian(Studi Pada Mie Akhirat Di Surabaya)

Awaludin, M. N., & Sukmono, S. (2020). The Effect of Social Media Marketing and Brand Awarness on Purchase Decisions With Viral Marketing As Intervening Variables on Janji Jiwa Coffee Consumers Among Students Using Social Media Area Jabodeta.

Bakti, U., & Septijantini Alie, M. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Pada Toko Online Lazada di Bandar Lampung. In Jurnal Ekonomi (Vol. 22, Issue 1). https://mediakonsumen.com/2018/05/14/sur

Brand Ambasador Celebrity, P., Hidup dan Kepercayaan, G., Mutadun, S., & Tjahjaningsih, E. (2022). Economics and Digital Business Review Pengaruh Brand Ambasador Celebrity, Gaya Hidup dan Kepercayaan terhadap Proses Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Market Place Shopee ). Economics and Digital Business Review, 3, 123–131.

Chasanah, U., & Kurniyawati, V. (2022). The 5th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2022) Seminar Hasil Riset Prefix-REB The 5 th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) Pengaruh Jkt48 Dan Bcl Sebagai Brand Ambassador Dan Brand Image Xiaomi Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Di Yogyakarta. The 5th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2022), 105–114.

Dermawan, E., Sanjaya, A., & Wediawati, T. (2022). The Effect of Social Media Marketing and Brand Awareness on Purchase Decisions through Purchase Intention in Kopiria. In Pinisi Discretion Review (Vol. 6, Issue 1).

Edrin, F., & Fhatiyah, N. (2022). 78 |Proceeding Seminar Nasional Bisnis Seri VI 2022.

Febrian, F. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Lembur Batik. Jurnal Ekono Insentif, 13(1), 41–55.

Fitriani, M., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Dampak Brand Image, Brand Awareness Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mixue Di Summarecon Bekasi. Jurnal Economina, 2(9), 2531–2544. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.832

Hasanah Pengaruh Brand Ambasador, Y., Farah Putri Kusuma, N., Nur Hasanah, Y., kunci, K., & Ambassador, B. (2022). Pengaruh Brand Ambasador Nct Dream Dan Ewom (Electronic Word Of Mouth) Terhadap Minat Beli Produk Somethinc. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 10(2), 760–769. https://compas.co.id/article/Brand

Herdioko, J., & Karisma, C. V. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Infuencer Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 16(2), 97. https://doi.org/10.21460/jrmb.2021.162.395

Ikhya’ Ulumudin, M., & Wahyuati, A. (2021). Pengaruh Kesadaran Merek, Citra Merek Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Pacific Noris.

Jatmiko, & Abdul Malik, R. (2023). JACFA Journal Advancement Center For Finance And Accounting Purchase Decision Based On Brand Ambasador And Korean Wave Via Brand Image Online Shopping. http://journal.jacfa.id/index.php

Juliana Osak, D., & Pasharibu, Y. (2020). Brand Ambasador - Keputusan Pembelian - Mediasi Brand Awarness. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 9(4), 2337–3067.

Keller, K., & Swaminathan, V., (2020), Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity, Brand Image (Vol. 5), New Jersey: Pearson Education.

Kertamukti, Rama., (2019), Strategi Kreatif dalam Periklanan Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran, Depok: Raja Grafindo Persada.

Khalil, I., Saggaff Shihab, M., & Hammad. (2023). Pengaruh Konten dan Copywriting Instagram Terhadap Brand Awareness dan Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Dan Manajemen, 307–317. http://ejournal.urindo.ac.id/index.php/administrasimanajemen/index

Kurniasari, M., & Budiatmo, A. (2018). Intervening Minat Beli - Brand Awarness - Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 25–31.

Kotler, P ., Amstrong, G., (2018), Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh, Jakarta : Salemba Empat.

Lestari, I., Manullang, M., Sari Butar-Butar, R., & Rifda Daulay, Z. (2021). The Effect Of Brand Ambasador and Prices on The Purchase Decision Of Android Hand Phone Through Interest In Buying Consumers In Medan City. In International Journal of Science. http://ijstm.inarah.co.id

Muhamad Azriel Ardiansyah, M. A. A., Arie Hendra Saputro, A. H. S., & Ridho Riadi Akbar, R. R. A. (2023). Pengaruh Citra Merek, Kesadaran Merek, Social Media Marketing Terhadap Minat Beli Brand Lokal Sepatu Patrobas Di Kota Bandung. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1477–1488. https://doi.org/10.35870/jemsi.v9i4.1367

Mumtahanah Nurlestari, D., Purwanto, H., & Sidanti, H. (2022). SIMBA SEMINAR INOVASI MAJEMEN BISNIS DAN AKUNTANSI 4 Seminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA) 4 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Konsumen Produk Scarlett Whitening di Kota Madiun).

Panji, O. :, & Prasetyo, E. (2018). Brand Ambassador dan…(Panji Eka) 458 Brand Ambassador Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Citra Merek (Studi Kasus Pada Xl Axiata Di Pelajar Dan Mahaiswa Yogyakarta) Brand Ambassador And The Effect Of A Purchasing Decision Which Mediation By The Brand Image (Case Study On Xl Axiata In Students And College Student Yogyakarta). http://www.topbrand-award.com/

Paramita, A., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Labelisasi Halal, Kualitas Produk, Dan Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Literatute Review Manajemen Pemasaran). 3(2). https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2

Prasetyo, A., & Suryamugraha, A. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Dan Kesadaran Merek (Brand Awarness) Terhadap Minat Beli Ulang Di Kl Coffee Bandar Lampung. Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat 2023 Page | 38 Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya, 38–46.

Prayogo, V., Munir, M., & Munawaroh, N. A. (2023). Pengaruh Brand Awarness Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Ulang Produk Mie Instan Indomie Pada Konsumen Warmindo di Kota Kediri. SANTRI : Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 2(1), 325–329.

Purwati, A., & Cahyanti, M. M. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), 32–46. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526

Putri, L. E. C., & Farida, S. N. (2022a). Pengaruh Brand Ambasador Dan Brand Personality Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Skincare Pond’s. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(3), 515–526. https://doi.org/10.31932/jpe.v7i3.1908

Putri, L. E. C., & Farida, S. N. (2022b). Pengaruh Brand Ambasador Dan Brand Personality Terhadap Minat Beli Pada Pengguna Skincare Pond’s. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(3), 515–526. https://doi.org/10.31932/jpe.v7i3.1908

Rizki Solikhah, F. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Artis Amanda Manopo Dan Arya Saloka Terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Persepsi Risiko Pada Iklan (Studi Pada Shopee Indonesia). Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7), 1129–1146. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.133

Rusli, R., Hutabarat, R. D., & Salasa, Y. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Word of Mouth Terhadap Brand Image Produk Fashion Damn! I Love Indonesia Di Kalangan Mahasiswa Tangerang. Commed : Jurnal Komunikasi Dan Media, 6(1), 77–89.

Sabila, A. A., Martha, E. S., & Anwar, R. C. (2022). Pengaruh Publik Figur Sebagai Brand Ambasador Terhadap Minat Beli Produk Skincare. JKOMDIS : Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial, 2(3), 328–331. https://doi.org/10.47233/jkomdis.v2i3.381

Safitri, H. K., Budiraharjo, K., & Mukson, M. (2022). Pengaruh Kesadaran dan Citra Merek terhadap Keputusan Konsumen pada Pembelian Buah dan Sayur The Farmhill Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 6(3), 795. https://doi.org/10.21776/ub.jepa.2022.006.03.3

Salsabiela, F. H., Listyorini, S., & Purbawati, D. (2022). BELI KONSUMEN KOPI LAIN HATI WONOSOBO. In Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis (Vol. 11, Issue 3). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab

Santoso Widjaja, E., & Desiana Pranatasari, F. (2018). Brand Awarness - Keputusan Pembelian 2. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(6), 807–814.

Sterie, W. G., Massie, J. D., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado. Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado, 7(4), 3139–3148.

Wibowo, N. E. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Yellow Truck Cabang Sunda Bandung Tahun 2017) The Influence Of Brand Awareness Toward Purchasing Decision (Study Case At Yellow Truck Branch Sunda Bandung). Proceeding of Applied Science, 3(2), 230. www.bisnis-jabar.com,2017

Willy, & Nurjanah, S. (2019). Pengaruh Kemasan Produk Dan Rasa Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian Pelanggan Minuman Energi. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 65–74. https://jurnal.um-palembang.ac.id/ilmu_manajemen/article/view/1820/1486

Yuliana, Y., & Putra, M. G. (2020). IJJM Ilomata International Journal of Management The Effect of Brand Associations and Brand Awareness on the Decision to Buy a Sim Card. Ilomata International Journal of Management, 1(2), 72–77. https://www.ilomata.org/index.php/ijjm

Downloads

Published

2023-08-26

Issue

Section

Articles