Analisis minat beli konsumen terhadap produk pelembab rambut (conditioner) pantene, sunsilk dan rejoice ditinjau dari norma subyektif dan sikap setelah melihat iklan

Authors

  • Dwi Novitasari

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v1i1.303

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasikan ada tidaknya pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat beli konsumen pelembab rambut (conditioner) merek Pantene, Sunsilk, Rejoice setelah adanya iklan produk tersebut. 

Masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah ada perbedaan keyakinan dan keyakinan normatif konsumen dalam membeli pelembab rambut merek Pantene, Sunsilk, Rejoice. Kedua, atribut-atribut manfaat dan faktor referen mana yang paling dominan dalam mempengaruhi sikap dan norma subyektif. Ketiga, bagaimana pengaruh antara keyakinan dan evaluasi konsumen terhadap sikap, pengaruh keyakinan normatif dan motivasi terhadap norma subyektif, dan pengaruh antara sikap dan norma subyektif terhadap minat beli konsumen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis indeks sikap Fishbein, uji beda Friedman, uji rata-rata hitung, analisis regresi linier berganda. Dari hasil uji Friedman, ada perbedaan baik keyakinan maupun keyakinan normatif dari masing-masing atribut yang diujikan. Rata-rata hitung menunjukkan adanya atribut dan referen yang mendominasi pada setiap merek pelembab rambut. Sedangkan pada uji regresi linier berganda, sikap mempengaruhi minat konsumen untuk membeli pelembab rambut, pada norma subyektif, referen merek Sunsilk, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen, sedangkan pengaruh referen merek Pantene, dan Rejoice tidak mempengaruhi minat untuk membeli pelembab rambut. Referen merek Pantene, Sunsilk, dan Rejoice pada variabel norma subyektif dan atribut manfaat pada sikap apabila diuji secara bersama akan mempengaruhi minat konsumen untuk membeli pelembab rambut.

References

Albari, Liriswati A (2004), “Analisis Minat Beli Konsumen Sabun Cair Lux, Biore dan Lifebouy di Kotamadya Yogyakarta di Tinjau dari Pengaruh Sikapnya setelah Melihat Iklan di Televisi dan Norma Subyektifâ€, Jurnal Siasat Bisnis, vol 2, no 9, hal 215 – 239

Boedijoewono (2001), Pengantar Statistik Ekonomi dan Perusahaan jilid 2, Yogyakarta : UPP AMP YKPN

Engel J F, Blackwell Roger D, Miniar P W (1994), Perilaku Konsumen jilid 1, Jakarta : Binarupa Aksara

Khufia Titi Lukluk (2006), Analisis Sikap Konsumen Shampo Cleasr dan Pantene setelah Adanya Promosi Penjualan dan Kaitannya dengan Melihat Minat Beli Konsumen di Kabupaten Bantul Yogyakarta, Skripsi Sarjana (tidak dipublikasikan), Yogyakarta : Fakultas Ekonomi UII

Kotler Philip (2005), Manajemen Pemasaran jilid 1, Jakarta : PT Indeks

McDaniel Carl, Gates Roger (2002), Riset Pemasaran Kontemporer, Jakarta : Salemba Empat

Mowen John C, Minor Michael (terj) (2002), Perilaku Konsumen, Jakarta : PT Erlangga

Nugroho Bhuono Agung (2005), Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta : Andi

Peter J Paul, Olson Jerry C (2000), Consumer Behavior, Jakarta : PT Erlangga

Santoso Budi Purbayu, Ashari (2005), Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta : Andi.

Saifuddin Azwar (2001), Validitas dan Realibilitas edisi ketiga, Yogyakarta : Pusaka Pelajar

Setiadi Nugroho J (2005), Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta : Prenada Media

Solomon M R (1999), Consumen Behavior 4 th edition, New Jersey : Prentice Hall, MC.

Downloads

Published

2013-02-27

Issue

Section

Articles