Analisis minat beli konsumen terhadap produk pelembab rambut (conditioner) pantene, sunsilk dan rejoice ditinjau dari norma subyektif dan sikap setelah melihat iklan
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v1i1.303Abstract
Penelitian ini mengidentifikasikan ada tidaknya pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat beli konsumen pelembab rambut (conditioner) merek Pantene, Sunsilk, Rejoice setelah adanya iklan produk tersebut.Â
Masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah ada perbedaan keyakinan dan keyakinan normatif konsumen dalam membeli pelembab rambut merek Pantene, Sunsilk, Rejoice. Kedua, atribut-atribut manfaat dan faktor referen mana yang paling dominan dalam mempengaruhi sikap dan norma subyektif. Ketiga, bagaimana pengaruh antara keyakinan dan evaluasi konsumen terhadap sikap, pengaruh keyakinan normatif dan motivasi terhadap norma subyektif, dan pengaruh antara sikap dan norma subyektif terhadap minat beli konsumen. Alat analisis yang digunakan adalah analisis indeks sikap Fishbein, uji beda Friedman, uji rata-rata hitung, analisis regresi linier berganda. Dari hasil uji Friedman, ada perbedaan baik keyakinan maupun keyakinan normatif dari masing-masing atribut yang diujikan. Rata-rata hitung menunjukkan adanya atribut dan referen yang mendominasi pada setiap merek pelembab rambut. Sedangkan pada uji regresi linier berganda, sikap mempengaruhi minat konsumen untuk membeli pelembab rambut, pada norma subyektif, referen merek Sunsilk, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen, sedangkan pengaruh referen merek Pantene, dan Rejoice tidak mempengaruhi minat untuk membeli pelembab rambut. Referen merek Pantene, Sunsilk, dan Rejoice pada variabel norma subyektif dan atribut manfaat pada sikap apabila diuji secara bersama akan mempengaruhi minat konsumen untuk membeli pelembab rambut.
References
Albari, Liriswati A (2004), “Analisis Minat Beli Konsumen Sabun Cair Lux, Biore dan Lifebouy di Kotamadya Yogyakarta di Tinjau dari Pengaruh Sikapnya setelah Melihat Iklan di Televisi dan Norma Subyektifâ€, Jurnal Siasat Bisnis, vol 2, no 9, hal 215 – 239
Boedijoewono (2001), Pengantar Statistik Ekonomi dan Perusahaan jilid 2, Yogyakarta : UPP AMP YKPN
Engel J F, Blackwell Roger D, Miniar P W (1994), Perilaku Konsumen jilid 1, Jakarta : Binarupa Aksara
Khufia Titi Lukluk (2006), Analisis Sikap Konsumen Shampo Cleasr dan Pantene setelah Adanya Promosi Penjualan dan Kaitannya dengan Melihat Minat Beli Konsumen di Kabupaten Bantul Yogyakarta, Skripsi Sarjana (tidak dipublikasikan), Yogyakarta : Fakultas Ekonomi UII
Kotler Philip (2005), Manajemen Pemasaran jilid 1, Jakarta : PT Indeks
McDaniel Carl, Gates Roger (2002), Riset Pemasaran Kontemporer, Jakarta : Salemba Empat
Mowen John C, Minor Michael (terj) (2002), Perilaku Konsumen, Jakarta : PT Erlangga
Nugroho Bhuono Agung (2005), Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Yogyakarta : Andi
Peter J Paul, Olson Jerry C (2000), Consumer Behavior, Jakarta : PT Erlangga
Santoso Budi Purbayu, Ashari (2005), Analisis Statistik dengan Microsoft Excel dan SPSS. Yogyakarta : Andi.
Saifuddin Azwar (2001), Validitas dan Realibilitas edisi ketiga, Yogyakarta : Pusaka Pelajar
Setiadi Nugroho J (2005), Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran, Jakarta : Prenada Media
Solomon M R (1999), Consumen Behavior 4 th edition, New Jersey : Prentice Hall, MC.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).