PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA (SURVEY PADA CV. KARTIKA GRUP KECAMATAN WATES KABUPATEN KULON PROGODAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA)
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v9i1.1477Keywords:
budaya organisasi, motivasi kerja, kepuasan kerja, kinerja karyawanAbstract
Karyawan merupakan sumber daya paling penting bagi kelangsungan sebuah perusahaan. Sebuah perusahaan dapat berjalan dan berkembang dengan adanya karyawan yang menjalankan segala aktivitasnya, sehingga kemudian kinerja karyawan menjadi penting untuk disoroti karena perkembangan perusahaan tergantung dari kinerja karyawan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada CV Kartika Group, Wates, Kulon Progo, Yogjakarta.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan respondennya adalah karyawan di CV Kartika Group. Jumlah sampel yang digunakan disini adalah 208 orang karyawan yang diambil secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa budaya organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap kinerja karyawan CV Kartika Group, sehingga dengan meningkatkan budaya organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja maka akan dapat meningkatkan kinerja karyawan. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel budaya organisasi, motivasi kerja dan kepuasan kerja mempengaruhi kinerja karyawan sebesar 18,5%.
References
Anoraga Panji, 2006. Psikologi Kerja , Jakarta: Rhineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
As'ad, M.. 2004. Psikologi Industri, Seri Umum. Sumber Daya Manusia. Edisi 4. Yogyakarta: Liberty
Bernardin, H. John, & Russel, Joyce E.A. 2003. Human resource management (An Experimental Approach International Edition), Singapore : Mc.Graw Hill Inc
Brahmasari IA & Suprayetno A. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, Vol.10, No. 2, September 2008: 124-135
Davis, Keith,dan Newstorm. 2004. Perilaku Dalam Organisasi. Edisi Tujuh. Jakarta: Erlangga.
Ghanie, Allyssa Laura Jayne dan Hidayat, Cecep. 2011. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya Terhadap Kinerja Karyawan PT Asuransi Astra Buana. Jurnal Ekonomi & Bisnis (Online).
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan SPSS. Cetakan keempat. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
Gibson. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Keempat, Erlangga, Jakarta
Hanafi. 1997. Kualitas Kinerja Para Instruktur Fitness di Kotamadya Bandung. Bandung: FPOK
Handoko, T. Hani, 1992, Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, Edisi kedua, Cetakan Keempat. Penerbit Yogyakarta:BPFE UGM
Hasibuan, SP Malayu S. P. Drs. 2003. Manajemen Dasar, Pengertian dan. Masalah. Jakaï¬a : PT Gunung Agung
Hasibuan SP. Malayu, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara, Jakarta.
Herdiany HD. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi, Motivasi, Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. UMS. Tidak diterbitkan
Husein, Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.
Ivancevich, John M. 1996. Human Resource Management. Eighth Edition. McGraw-Hill.
Koesmono HT. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi Dan 06Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No. 2, September 2005: 171-188
Lako, Andreas, 2004. Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi Isu Teori dan Solusi,. Yogyakarta, Amara Books
Luthans, Fred, 2005. Perilaku Organisasi, Edisi Sepuluh, Diterjemahkan oleh : Vivin Andhika Yuwono; Shekar Purwanti; Th.Arie Prabawati; dan Winong Rosari. Penerbit Andi, Yogyakarta.
Mangkunegara,2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya,
Manullang, M. 2006. Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Mathis, Robert L dan Jackson, John H. 2003. Human Resource Management, 10th edition. Thomson South Western, United State of America.
Moekijat. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia: Manajemen Kepegawaian. Jakarta: Mandar Maju.
Panggabean, S., Mutiara. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Prawirosentono, Suryadi. 2008. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta:BPFE
Rivai, Veithzal dan Basri, Ahmad Fawzi Mohd. 2005. Performance Appraisal. Cetakan Pertama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Robbins, Stephen P. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi 14, PT. Indeks, Jakarta
Sekaran, Uma. 2000. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Salemba Empat
Siagian, Sondang.2002. Kepemimpinan Organisasi & Perilaku Administrasi,. Jakarta: Penerbit Gunung Agung
Simamora, Henry, 2004, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Ketiga, Cetakan Pertama, Bagian Penerbitan STIE YKPN, Yogyakarta.
Soedjono. 2005. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kinerja Organisasi dan kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum di Surabaya. Jurnal Manajemen dan kwirausahaan Vol. 7 No. 1. STIESIA Surabaya.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Suharto dan Cahyono, Budi.2005. Pengaruh Budaya Organisasi, Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Sumber Daya Manusia, di Sekretariat DPRD Propinsi Jawa Tengah, JRBI. Volume 1, Nomor 1, hal 13-30.
Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Umar, Husein. 2004. Metode Riset Perilaku Konsumen Jasa. Jakarta: Gholia Indonesia.
Uno, Hamzah B, 2007, Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara
Usman, Husaini. 2006. Manajemen, Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.
Utaminingsih.2007. â€Upaya meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Pendekatan RME (Realistik Mathematic Education) Pada Pokok Bahasan Tabung dan Kerucutâ€. Skripsi. Surakarta: UMS. Tidak Diterbitkan
Wibowo, 2006. Manajemen Perubahan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Winardi. 2004. Manajemen Perilaku Organisasi, Jakarta : Pranada Media.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).