PERILAKU MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PEMBALAJARAN DARING DI MASA PANDEMI
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v9i1.1469Keywords:
PERILAKU MAHASISWA DALAM MELAKSANAKAN PEMBALAJARAN DARING DI MASA PANDEMIAbstract
Pandemi COVID - 19 adalah krisis kesehatan yang sedang terjadi di dunia saat ini. Banyak negara memutuskan untuk menutup sekolah, perguruan tinggi atau universitas bahkan menutup instansi atau perusahaan lainnya dalam upaya untuk menghentikan penyebaran atau memutus rantai penyebaran virus mirip flu tersebut yaitu virus corona atau yang biasa disebut dengan COVID - 19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perilaku mahasiswa melaksanakan pembelajaran yang dilakukan secara daring atau online akibat dari adanya pandemi COVID - 19. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survey menggunakan google form. jumlah responden penelitian ini adalah 50 mahasiswa. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang masih aktif. Hasil dari penelitian ini yaitu, pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 ini terdapat beberapa kendala yang dialami oleh Mahasiswa serta memberikan gambaran bagaimana kurang optimalnya pemahaman materi yang disampaikan oleh pengajar atau dosen mereka sehingga mengakibatkan kurangnya efektif pembelajaran.
Kata kunci : Perilaku perlajar, Dampak Pandemi Covid - 19
References
DAFTAR PUSTAKA
(a) Zapalska, A. and Brozik, D. (2006), "Learning styles and online education"(Gaya belajar dan pendidikan online), Campus-Wide Information Systems, Vol. 23 No. 5, pp. 325-335.https://doi.org/10.1108/10650740610714080
(b) Butler Kaler, C. (2012), "A model of successful adaptation to online learning for collegeâ€bound Native American high school students"(Model adaptasi yang berhasil pada pembelajaran online untuk siswa sekolah menengah asli Amerika yang terikat perguruan tinggi), Multicultural Education & Technology Journal, Vol. 6 No. 2, pp. 60-76. https://doi.org/10.1108/17504971211236245
(c) Johan Jang,Agus Purwanto, Dian Purnamasari, Mohamad Ramdan, Leo Hutagalung, Stefy Falentino Akuba,Andi Sulistiyadi, Rudy Pramono, Innocentius Bernarto. (2020). Pendidikan Vokasi BTEC UK di Indonesia: "Phenomenology Study of the Essence of Students' Experience"(Studi Fenomenologi Esensi Pengalaman Peserta Didik), Jurnal of Education: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran,6(1) DOI: https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2319
(d) Rudy Pramono, Sarliyani Sarliyani, Agus Purwanto.(2020). THE EVALUATION OF NARADA CUP SCHOOL SPORT PROGRAM USING CIPP EVALUATION MODEL.Jurnal pendidikan Jasmani dan Olah Raga.Vol 5, No 1 (2020). https://doi.org/10.17509/jpjo.v5i1
(e) Agus Purwanto*, Laksmi Mayesti Wijayanti, Masduki Asbari, Rudy Pramono, Priyono Budi Santoso, , Choi Chi Hyun, Ratna Setyowati Putri.(2020). “Exploratory Study of the Impact of the COVID-19 Pandemic on Online Learning Process in Primary Schools “(Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar), Jurnal Edukasi. Vol2, No1(2020)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).