Hubungan Psychological Capital dengan Coping Stress pada Mahasiswa yang Bekerja Part Time
DOI:
https://doi.org/10.26486/intensi.v2i1.3939Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan psychological capital dengan coping stress pada mahasiswa yang bekerja part time. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif antara psychological capital dengan coping stress pada mahasiswa yang bekerja part time. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa part time dengan usia 18 sampai 25 tahun. Jumlah subjek dalam penelitian ini ada sebanyak 102 subjek. Pengambilan subjek mengggunakan teknik purposive sampling dengan data yang dikumpulkan menggunakan skala psychological capital dan skala coping stress. Data dianalisis menggunakan korelasi product moment dengan menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh nilai korelasi koefisien (rxy) = 0,425 dengan p = 0,000, sehingga hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Hal ini berarti menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara psychological capital dengan coping stress pada mahasiswa yang bekerja part time. Dalam penelitian ini juga menunjukkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,181, hasil tersebut menunjukkan bahwa psychological capital memberikan sumbangan yang efektif sebesar 18,1% terhadap variabel coping stress dan sisanya 81,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata kunci : Coping stress, Psychological Capital, Mahasiswa yang Bekerja Part Time
References
Adisty, N. D. (2020). Coping Stress Mahasiswa Akhir Yang Bekerja Part Time [Universitas Muhammadiyah Malang]. In Skripsi. http://eprints.umm.ac.id/64526/
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Fagan, C., Norman, H., Smith, M., & González Menéndez, M. C. (2014). Conditions of work and employment series no. 43. International Labour Office, 43. https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---ed_protect/---protrav/---travail/documents/publication/wcms_237781.pdf
Karatsoreos, I. N., & McEwen, B. S. (2011). Psychobiological allostasis: resistance, resilience and vulnerability. Trends in cognitive sciences, 15(12), 576-584.
Kertamuda, F. & Herdiansyah, H. (2009). Pengaruh strategi coping terhadap penyesuaian diri mahasiswa baru. Jurnal Universitas Paramadina, 6(1), 66-72.
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer publishing company.
Listrianingrum, B. E. (2018). Hubungan self-efficacy dengan coping strategies pada guru di sekolah Inklusif. Skripsi (tidak diterbitkan). Universitas Sanata Dharma.
Luthans, F., Youssef, C. M., & Avolio, B. J. (2007). Psychological Capital: Developing the Human Competitive Edge. In Psychological Capital: Developing the Human Competitive Edge. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195187526.001.0001
Noer, R. M., Fitriana, L., & Agusthia, M. (2019). Relationship strategy coping with self-efficacy drugs in the period of rehabilitation at Batam BNN rehabilitation. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 2(3), 24-30.
doi:10.31764/ijeca.v2i3.2099
Pertiwi, R. H. C. (2018). Self manajemen dengan stress kerja pada mahasiswa pekerja sistem part-time jurusan administrasi bisnis politeknik negeri Semarang. Jurnal Empati. 7(4), 191–198.
Rabenu, E., & Yaniv, E. (2017). Psychological resources and strategies to cope with stress at work. International Journal of Psychological Research, 10(2), 8-15. doi:10.21500/20112084.2698
Ramadhani, L. P., Aini, D. N., & Rohana, N. (2020). Hubungan self efficacy dengan problem focused coping pada pasien hipertensi. Jurnal Ners Widya Husada, 7(1), 1-8.
Rosalina, R., & Siswati. (2018). Hubungan Antara Psychological Capital Dengan Psychological Well-Being Pada Dokter Muda Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(3), 291–296.
Saleem, A., Shah, A., & Jabeen, M. (2022). The study of personal resources of psychological capital and Ppoblem-focused coping in the JD-R model. Multicultural Education, 8(3).
Subandy, K., & Jatmika, D. (2020). Hubungan psychological capital dengan coping stress pada mahasiswa yang bekerja. Psibernetika, 13(2), 68–82. https://doi.org/10.30813/psibernetika.v13i2.2382
Wen, M. L.-Y. (2014). Does Psychological Capital Combat Learning and Adaptive Stress of College Freshmen. Journal of Studies in Education, 4(1), 25. https://doi.org/10.5296/jse.v4i1.4684
Yahya, G. M., & Mintarti, S. U. (2019). Analisis prestasi akademik pada mahasiswa yang bekerja part-time di jurusan ekonomi pembangunan fakultas ekonomi universitas negeri malang angkatan 2014. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 46-52.
Yao, X., Lin, Y., Zhang, C., Wang, X., & Zhao, F. (2022). Does psychological capital mediate occupational stress and coping among nurses in ICU. Western Journal of Nursing Research, 44(7), 675-683. doi:10.1177%2F01939459211014426