PENGEMBANGAN MULTIMEDIA MACROMEDIA FLASH DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DAN KEEFEKTIFANNYA TERHADAP SIKAP SISWA PADA MATEMATIKA

Syariful Fahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif pada
pembelajaran matematika menggunakan Macromedia Flash 8 Professional di
standar kompetensi memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola, pada siswa
kelas IX SMP. Isi multimedia interaktif meliputi standar kompetensi dan kompetensi
dasar, petunjuk penggunaan, materi, evaluasi, dan e-book. Model pengembangan
yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini telah
berhasil mengembangkan multimedia interaktif pada pembelajaran matematika
yang mempunyai kualitas BAIK (B) menurut penilaian ahli materi dan pembelajaran,
ahli media, dan 42 siswa kelas IX, dengan skor rata-rata 209,48 dari skor maksimal
260. Sedangkan untuk keefektifannya terhadap sikap siswa pada matematika dan
ICT, ada perubahan sikap pada aspek rasa cemas siswa, rasa percaya diri siswa,
dan rasa suka terhadap matematika dan ICT.
Kata kunci : multimedia interaktif, Macromedia Flash 8 Professional, sikap siswa
pada matematika dan ICT


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 198 times
PDF - 1196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Agrisains



LPPM Mercu Buana Yogyakarta Jl. Wates Km. 10 Yogyakarta
Tlp(0274) 6498212 Fax (0274) 6498213
email : [email protected]
http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Agrisains
Print ISSNĀ 2086-7719
OnlineĀ ISSN : 2541-5069