PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL SISWA SMA NEGERI 1 SEYEGAN

Ibrahim ,, Nur Hidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam peningkatan kemampuan
pemecahan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal matematika. Pokok
bahasan dalam penelitian ini adalah statistika. Jenis penelitian yang digunakan
adalah quasi experiment menggunakan pretest-postest control group design.
Variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe
Teams Games Tournament (TGT). Variabel terikatnya adalah kemampuan
pemecahan masalah matematika dan variabel kontrolnya adalah kemampuan awal
matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1
Seyegan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah 224 siswa.
Sampel penelitian terdiri dari kelas X MIIA 1 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas
eksperimen dan X MIIA 2 dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen
pengumpulan data yang digunakan antara lain pretest, postest, dan lembar
observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji
anova satu jalur, uji independent t-test dan anova dua jalur dengan sebelumnya
melakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)
model pembelajaran Teams Games Tournament berpengaruh meningkatkan
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan tidak terdapat
perbedaan secara signifikan antara siswa berkemampuan awal matematika (tinggi,
sedang, dan rendah) berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh dengan uji One
Way Anova sebesar 0,157. 2) model pembelajaran Teams Games Tournament
berpengaruh lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematika dibandingkan model pembelajaran konvensional, berdasarkan nilai
signifikansi yang diperoleh dengan uji Independent Samples T-Test sebesar 0,032.
3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan
kemampuan awal matematika dalam pencapaian kemampuan pemecahan masalah
matematika siswa, berdasarkan nilai signifikansi yang diperoleh dengan uji Two Way
Anova sebesar 0,456.
Kata kunci : TGT, kemampuan pemecahan masalah matematika, kemampuan awal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Agrisains



LPPM Mercu Buana Yogyakarta Jl. Wates Km. 10 Yogyakarta
Tlp(0274) 6498212 Fax (0274) 6498213
email : jurnal.umby@gmail.com
http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Agrisains
Print ISSNĀ 2086-7719
OnlineĀ ISSN : 2541-5069