EFEKTIVITAS PENDEKATAN BRAIN-BASED LEARNING (BBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran
dengan pendekatan Brain-Based Learning (BBL) ditinjau dari kemampuan
komunikasi matematis (KKMAT). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen
semu menggunakan desain grup kontrol tidak secara random dengan pemberian
tes awal dan tes akhir. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA
SMA N 1 Jetis D. I. Yogyakarta pada semester kedua tahun ajaran 2012/2013 yang
terdiri dari tiga kelas. Dua kelas dipilih sebagai sampel penelitian, yaitu kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes KKMAT. Data penelitian dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan BBL efektif ditinjau dari
kemampuan komunikasi matematis.
Kata kunci : Pendekatan Brain-Based Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Agrisains