KEEFEKTIFAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH (PPM) PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE GROUP TO GROUP DITINJAU KEAKTIFAN DAN PRESTASI SISWA

Nuryadi ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan Pendekatan Pemecahan Masalah (PPM) menggunakan metode Group to Group (GG) pada pembelajaran matematika ditinjau dari keaktifan dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksprerimen semu dengan pre-postest nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Godean yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada diambil secara acak dua kelas yaitu VIII A dan VIII C sebagai sampel penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar dan lembar observasi aktivitas belajar siswa terhadap matematika. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa penerapan Pendekatan CTL dan PPM menggunakan metode GG dalam pembelajaran matematika efektif ditinjau dari aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam matematika.
Kata kunci : aktivitas belajar siswa, pendekatan CTL dan pendekatan pemecahan masalah, metode group to group, prestasi belajar siswa


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 199 times
PDF - 104 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Agrisains



LPPM Mercu Buana Yogyakarta Jl. Wates Km. 10 Yogyakarta
Tlp(0274) 6498212 Fax (0274) 6498213
email : [email protected]
http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Agrisains
Print ISSNĀ 2086-7719
OnlineĀ ISSN : 2541-5069